Ini Bukan Tentang Uang, Jendral!

14 Jan

Beberapa hari yang lalu saya diajukan pertanyaan yang membuat saya mengkerutkan dahi saya. Seorang teman kerja saya, teman paling dekat saya di kantor bertanya:

“Lo ‘kan udah lama ngeblog tapi belum menghasilkan uang sama sekali, kok lo mau sih terus-terusan ngeblog?”

Pertanyaan semacam itu sebenarnya bukan hanya pertama kalinya saya dengar. Saya pernah diajukan pertanyaan sejenis oleh seorang adik angkatan saya di kampus, teman selewat saya, bahkan hingga ketika saya menjadi seorang narasumber di salah satu stasiun televisi di Bandung. Mereka bertanya soal berapa uang yang sudah saya hasilkan dari blog.

Saya memaklumi mereka yang tidak benar-benar mengenal saya, lalu bertanya pertanyaan seperti itu, mungkin mereka berpikir bahwa saya sematrealistis itu hingga segala hal yang berhubungan dengan saya ada kaitannya dengan uang. Tapi kalau yang mengajukan pertanyaan itu adalah teman dekat saya sendiri, perasaan marah dan kecewa.

Saya akui blog ini tidak menghasilkan uang sama sekali, malah terkadang saya yang mengeluarkan uang untuk blog ini. Saya tidak pernah mengecek pagerank saya karena saya memang tidak mau soal itu dan kalau pun saya memiliki pagerank yang cukup untuk memasang iklan, saya tidak akan melakukannya. Blog saya ini juga tidak sebagus itu sehingga ada penerbit yang tertarik untuk membukukan blog ini.

Tapi apa saya peduli soal itu? TIDAK, jendral!

Kamu mau tahu kenapa saya ngeblog?

Bukan… alasannya bukan uang. Saya merasa masih bisa mencukupi kebutuhan saya dengan uang yang saya raih di dunia nyata.

Saya ngeblog karena saya menyukainya. Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, akhirnya saya bisa melakukan apa yang benar-benar saya sukai tanpa harus berhadapan dengan tekanan dari manapun.

Saya ngeblog karena saya suka pamer. Saya suka menunjukkan kepada dunia apa yang sedang saya rasakan. Ketika saya jatuh cinta, patah hati, sedih, senang, marah, kecewa atau apapun itu, saya ingin menunjukkan kepada siapa pun, syukur-syukur kalau subjek yang membuat saya merasakan apa yang saya rasakan membacanya.

Saya ngeblog dengan semangat ingin berbagi. Saya ingin berbagi tentang apa yang saya pikirkan tentang segala sesuatu, meskipun pemikiran saya terkadang tidak penting untuk dibagi kepada siapa pun, meskipun saya tahu di luaran sana banyak sekali orang yang tidak peduli dengan apa yang ada di pikiran saya.

Dan kamu tahu apa yang saja yang telah saya hasilkan lewat blog?

Saya menjadi kaya karena blog. Bukan kaya finansial, tentunya tapi saya lebih kaya dari itu.

Saya mengenal begitu banyak teman-teman baru yang sangat menyenangkan. Orang-orang yang memiliki kualitas spesifik yang selalu sukses membuat saya terperangah dan mereka tentu saja tidak pernah bisa dibeli dengan uang.

Saya mendapatkan begitu banyak pengetahuan baru yang saya peroleh dari membaca blog orang lain atau comment yang muncul ke blog saya. Pengetahuan baru yang sering menginspirasi saya untuk mengkonsep sesuatu yang sangat membantu untuk pekerjaan saya atau sekedar memacu kreativitas saya. Hal tersebut tidak akan pernah bisa saya beli dengan uang.

Dan yang terpenting adalah, saya mendapatkan kebebasan tak terbatas dari blog ini. Saya tidak harus menyimpan segala sesuatu yang ada di kepala saya dengan alasan menjaga perasaan orang lain atau menghindari pandangan-pandangan yang muncul setelahnya.

Pada akhirnya saya hanya bisa tersenyum menghadapi pertanyaan dari teman saya itu. Mungkin dia memang berpikir bahwa sebuah blog sama halnya seperti sebuah pekerjaan yang harus menghasilkan uang bahkan meskipun pekerjaan tersebut adalah bagian dari hobi. Mungkin dia tidak akan pernah bisa mengerti kalau meskipun saya matrealistis, tapi saya tidak mau menilai segala sesuatunya dari uang. Dan mungkin dia tidak akan pernah tahu betapa kayanya saya sekarang meskipun saya tidak pernah mendapatkan uang dari blog saya.

Besok-besok, kalau ada yang bertanya mengenai hal serupa pada saya, maka dengan tegas saya akan menjawab:

“Ini bukan tentang uang, jendral!”

P.S. Gambar diambil dari http://istockphoto.com

26 Responses to “Ini Bukan Tentang Uang, Jendral!”

  1. didot January 14, 2010 at 12:15 pm #

    ngeblog emang bukan tentang uang,tapi kepuasan diri pribadi. ciri khas dari pekerjaan yg kita sukai (hobby) ,saat gak dibayar atau bahkan kita harus keluar uang untuk melakukan itu pun kita mau.

    kalo buat saya : ngeblog adalah tentang meninggalkan sesuatu kepada dunia ini,saya pasti mati,dan semua akan hilang begitu saja jika saya tak pernah menulisnya.

    lagipula para blogger itu kan suka baca biasanya,nah ,ada prinsip bahwa apa yg masuk pasti juga suatu saat akan keluar ,jadi apa yg kita baca pasti juga mau gak mau kita akan tuangkan lagi dalam tulisan atau kata2. kalo kita cuma ngomong aja tapi gak pernah baca berarti lama2 kita ngomong gak ada isinya (kayak orang buang2 air melulu gak makan2) ataupun kita makan terus tapi gak keluar2 pasti perut kita juga akan meledak.

    jadi menulis adalah keseimbangan antara yg keluar dan masuk buat saya…

    keep on blogging jendral:)

  2. bri January 14, 2010 at 12:57 pm #

    apa iaaa^^…ngeblog = menyalurkan kreatifitas = menulis apaa ajaah = punya alot of friends^^
    🙂
    bri pribadi beloom mau tuk cari uang dari ngeblog
    🙂 🙂
    buat bri skrg selesai kuliah baru cari uang
    🙂 🙂 🙂
    pernah berapa kali dapet pang gawe tapi orang rumah gak setujuu..diomelin kuadrat
    🙂 🙂 🙂
    yg udah udah kalau megang duiit kuliaahnya gak selesai2 tau
    🙂 🙂 🙂 🙂
    nahh ituuh yg lagii jadi keriweuhan bri..
    kuliah duluu selesai apa kuliaah sambil cari duitt lagiih??
    haiaaah tapi skrg udah ploong….
    my parents talk to me if bri doesnt thing about money again just study!!!
    🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    enjoy aja jendral^^

    • bri January 15, 2010 at 5:32 pm #

      salam soree ada ewods buat senny 🙂

  3. ImUmPh January 14, 2010 at 1:44 pm #

    Yupz… ngblog ga harus melulu bicara soal keuntungan materi aja!
    Keuntungan yg lain juga bisa kita dapatkan dari ngBlog!
    Banyak banget malah!
    Keep posting Jendral-Wati!

  4. Agung Pushandaka January 14, 2010 at 1:55 pm #

    Kamu masih mending, blogmu pake wordpress gratisan. Saya malah dibilang, udah beli domain, dsb., tapi blognya ndak dimanfaatkan untuk nyari duit. Buang-buang duit saja. Hehe!

    Setiap orang memang punya hak untuk berpendapat. Sekarang tinggal kita saja, mau bagaimana. Keep blogging ya! 🙂

  5. Fiya January 14, 2010 at 2:45 pm #

    KuNJungan perdana saia.
    Hehe,
    Hm,
    Uang? Gk pernah kpikiran. Saia ngebl0g bwt crita tntg hr2 saia, tlisan saia bhkan jauh dr kt bgus, cm nulis ap yg sy rasa dan alami. Gk ada tjuan laen slaen i2. Keren siy tpi sm 0rang yg bs dpt duit dr ngebl0g,,

    SEMangAT y.

  6. liudin January 15, 2010 at 3:49 am #

    kalau saya ngeblog untuk menyalurkan setiap ide kita. berbagi ilmu pengetahuan. bukan hanya sekedar mencari uang. gimanapun juga uang akan mengalir jika kita mampu membuat postingan yang bermutu dan berkualitas. seperti halnya film kambing jantan.com. siapa yang tahu masa depan blog kita?

    • senny January 15, 2010 at 4:36 pm #

      masalahnya kalau pun blog saya ini mau dipublish saya juga ga terlalu berminat tuh

  7. liudin January 15, 2010 at 4:00 am #

    maaf saya kembali berkomentar. saya ingin bertukar link dengan Anda apakah boleh. sekali lagu mohon maaf atas komentar singkat ini. ini bukan spam!

  8. Ikutan Ngeblog January 15, 2010 at 9:19 am #

    makasih mas dah mampir ke blog saya..
    maaf aku baru mampir bentar tok. belum sempet baca artikel nihe…

    • senny January 15, 2010 at 4:25 pm #

      mas??

  9. alfarolamablawa January 15, 2010 at 10:00 pm #

    SETUJUUUU
    menurut saya ngeblog itu tentang bagaimana men-share-kan apa yang kita punya dan menjadi ajang diskusi.
    betul bukan? hehehehe

  10. Triunt January 15, 2010 at 11:45 pm #

    Yup, bagaimanapun sesuatu yg berbau hoby dipisahin dengan yg bisnis.
    jangan apa2 mainnya harus dapet uang mulu, bisa jadi bangsa matre ntar 🙂

    • senny January 16, 2010 at 12:09 am #

      nah itu dia!
      saya emang matre sih, ngaku! tapi nggak mau sematre itu sampai-sampai segalanya harus dihubung-hubungkan sama uang

  11. yos January 16, 2010 at 9:05 am #

    sama sen..
    gue malah pertanyaanya lebih susah lagi…
    “kok mau2nya bayar 200 ribu/tahun buat domain+hosting”
    ya lagi2 gue jawab…
    gue ngeblog karena hoby..
    dan ngeblog itu sangat menyenangkan..
    gue bisa cerita apa aja, gue bisa beropinia apa aja, dan yang paling penting gue bisa eksis.. hehehe..
    harga segitu sangatlah murah buat gue bila dibandingkan dengan kepuasan ngeblog yang gue rasain..
    coba aja klo angka itu dibagi 365 (jumlah hari dalam setahun)
    seharinya ngga nyampai seribu juga kan.. ckikikikiki
    *ngeles*

    • senny January 16, 2010 at 10:50 am #

      bener!
      200ribu itu cuma cukup buat beli 4 venti frappuccino di Starbucks
      drpd buat Starbucks mending buat ngeblog ya?

  12. aprian January 16, 2010 at 9:34 am #

    couldn’t agree more shen. Apa yg kamu tulis jg sama dg alasanku knapa ngeblog. 7 tahun ngeblog yg paling banyak didapat ya “teman” dan itu harganya “mahal” banget 🙂

  13. yak January 16, 2010 at 1:43 pm #

    kereeeen…..
    “..ini bukan masalah uang, Jendral.”

  14. iderizal January 16, 2010 at 9:52 pm #

    setuju…
    ada loh yang bilang “bodoh kalau ngeblog gak ngehasilin duit”.

  15. edda January 17, 2010 at 11:37 am #

    Betul sekali
    Saya setujuuuuh
    Sbnarnya yg materialistis itu bukan ente bang, tp org2 yg bertanya itu. Mereka hnya mikirin ttg uang doank, tnpa berpikir bhwa ngeblog itu sesuatu yg asik, yg bsa bkin jiwa tu lbh hidup. Hehehe 😀

    • senny January 17, 2010 at 5:49 pm #

      bang?
      oh my God… am I write like a guy?

  16. vienz January 26, 2010 at 11:51 pm #

    setuju banget. saya ngga pernah mengerti kenapa saya harus ‘monetize my blog’, karena menghasilkan uang bukanlah tujuan saya nge-blog, tetapi untuk menyalurkan imajinasi dan buah2 pikiran yang melintas dan lalu lalang di kepala. berkat blog, saya menemukan kembali passion lama saya: menulis, yang terakhir dituangkan ke dalam majalah pribadi yang saya terbitkan waktu kelas 3 sd dan dibaca keluarga dan teman2 sendiri. berkat blog, saya menemukan kembali cinta pertama saya itu. dan saya ngga akan menukarnya dengan uang. =)

  17. ristia February 3, 2010 at 8:27 am #

    yaps,,sejutu ,,!
    saya nggak nyangka kalo ternyata orang-orang memandanganya seperti itu,!
    dan saya juga tida menyanggka kalo Abang bisa njelasin dengan gaya bahasa yang sangat bijaksana,!
    Gudlak

  18. zulhaq May 24, 2010 at 12:47 am #

    orang orang pada gak ada pertnayaan lain kali yah. duiit duit dan duit. rata rata, blogger selalu ditanyain seperti itu.

    Gw juga gak masang apa2. sampe traffic statistic, gw gak ada. buka dashboard, gak ada traffic yang bisa gw liat. gak tau berapa banyak pengunjung blog gw.

    Tapi lebih dari itu, gw hanya pengen menumpahkan segala sesuatu yang menurut gw bisa berbagi buat orang lain. terutama bisa berbagi senyum.

    menurut gw, mereka gak kreatif banget. dan itu yang membuat mereka gak ngeblog. lah, bertanya aja gak kreatif, gimana mau nulis sering sering dan panjang panjang.

    bukan begitu jendral???

Trackbacks/Pingbacks

  1. _rainyseason=cold_ « bri - January 15, 2010

    […] tararengkiu for your time to visit my blog…talk about blog, i get some nice articles from sennyand hope us read too…great story and write wrote written according to me..smile maybe this […]

Leave a comment