Lagi-Lagi Uang

14 Mar

“Apakah uang benar-benar bisa membeli kebahagiaan?”

Beberapa hari yang lalu secara mengejutkan seorang teman menanyakan pertanyaan tersebut pada saya. Saya terdiam.

Sisi diplomatis dan hipokrit dalam diri saya menjawab bahwa tidak semua hal bisa dibeli dengan uang, salah satunya adalah kebahagiaan. Memiliki uang banyak belum tentu bisa memberikan jaminan seseorang akan bahagia.

Tapi tentu saja sisi kapitalis dan realis saya mengelak jawaban seperti itu. Saya tidak bisa membohongi diri saya dengan menyatakan bahwa jawaban tersebut adalah jawaban yang tepat untuk saya. Maka setelah melalui proses pemikiran yang cukup singkat, saya pun menjawab ‘iya’ untuk pertanyaan tersebut.

Realita menyatakan bahwa uang adalah segalanya. Tanpa uang seseorang akan powerless. Uang bisa membeli segala yang kita inginkan rumah, baju, sex, kekuasaan, bahkan cinta sekali pun. Maka dengan adanya fakta yang terjadi di hadapan saya, saya menarik kesimpulan bahwa uang memang benar-benar bisa membeli kebahagiaan, tidak secara langsung memang, tapi setidaknya tanpa uang seseorang tidak akan bisa bahagia.

“Bagaimana kalau kamu pada akhirnya menjadi seseorang yang super kaya dengan uang tak terbatas tapi lalu menyadari bahwa diri kamu tidak bahagia?”

Saya terdiam, merasa pertanyaan  yang diajukan oleh teman saya yang lain telah menampar saya dengan keras.

Jika suatu hari nanti saya menjadi manusia super kaya dengan uang tak terbatas (amin untuk yang ini) tapi tidak bahagia (amit-amit untuk ini)… well at least I become unhappy people at a nice place🙂

2 Responses to “Lagi-Lagi Uang”

  1. Cahya March 14, 2011 at 10:23 pm #

    Uang bisa membeli kesenangan – pastinya; namun kebahagiaan? – mari kita kembalikan pada masing-masing individu.

  2. capcaibakar March 15, 2011 at 9:23 am #

    Minimal uang bisa bayar psikolog kalau sudah tidak bisa bahagia dengan terapi belanja

Leave a Reply

