Day 18: Tree Of Happiness

23 Aug

Waktu dia tanya apa definisi kebahagiaan, saya bingung. Rasanya seringkali saya membicarakan soal diri saya sendiri dan orang-orang di sekitar saya yang ingin bahagia dalam hidupnya, tapi rupanya saya tidak benar-benar memiliki konsep kebahagiaan.

Satu malam, setelah pembicaraan dengannya berakhir dan saya akhirnya memiliki waktu untuk mengautiskan diri, saya pun berpikir mengenai konsep kebahagiaan di mata saya.

Jika diibaratkan dalam sesuatu yang sifatnya nyata, maka saya akan mengibaratkan kebahagiaan sebagai sebuah pohon yang berbuah.

Beberapa buah kebahagiaan jatuh dengan sendirinya sehingga saya tidak perlu berusaha sedikit pun untuk mendapatkannya, contoh kebahagiaan seperti ini adalah mendapat traktiran makan siang atau bertemu tak sengaja dengan seorang teman lama yang mengobati kerinduan saya akan masa muda saya.

Beberapa buah kebahagiaan hanya membutuhkan usaha kecil untuk dipetik, beberapa buah kebahagian membuat saya terpaksa memanjat pohon, dan sisanya adalah kebahagiaan yang membutuhkan pengorbanan karena terletak pada bagian pohon yang tinggi.

Jadi, jika nanti saya ditanya mengenai konsep kebahagiaan, saya akan menjawab bahwa kebahagiaan hanya perlu dipetik dari pohonnya, masalah seberapa besar usaha yang kamu inginkan untuk memperoleh kebahagiaan itu adalah keputusan kamu sendiri. Karena saya yakin, kebahagiaan hanyalah masalah state of mind dan setiap orang tentu saja memiliki konsep kebahagiaannya sendiri-sendiri.

Bagaimana dengan kamu? Apa konsep kebahagiaan menurut kamu?

One Response to “Day 18: Tree Of Happiness”

  1. hitam August 24, 2010 at 12:57 am #

    mengingatkan saya pada sebuah film pursuit of happines, yang menyatukan kisah tentang beberapa definisi bahagia.. yang akhirnya menuju pada satu arti, bahagia adalah sudut pandang semata.

Leave a Reply

