Day 14: Langkah Kecil

18 Aug

Jadi berhubung kemarin adalah 17 Agustus dimana acara televisi lagi sedikit bermutu (excuse), dan ada begitu banyak hal yang harus saya lakukan (excuse), dan hidung saya lagi meler (excuse), dan bulan puasa juga (excuse) jadi posting hari ke 14 sedikit terlambat satu hari.

Ngomong-ngomong, hari kemerdekaan kemarin, timeline saya dipenuhi oleh orang-orang yang sibuk mengeluh soal Indonesia yang belum merdeka. Saya, entah karena sedang sensi atau memang sudah muak, merasa bosan membaca update status seperti itu. Saya pikir, kenapa sih orang-orang ini pada sibuk mencaci pemerintah, memaki negara tetangga yang berulah lagi, mengeluh soal keburukan sistem di Indonesia, sementara dirinya sendiri tidak melakukan apa pun untuk Indonesia. Mohon maaf nih sebelumnya, tapi saya melihat itu seperti seorang banci terlihat banci.

Contoh paling sederhana dan paling umum yang saya lihat adalah orang-orang yang dengan bangga mengaku memiliki NPWP tapi dengan tak kalah bangganya juga mengaku tidak pernah membayar pajak. Jadi fungsi NPWP tersebut bukan untuk membantu perekonomian negara, melainkan untuk bebas biaya visa ke luar negeri.

Atau ketika mencaci para pejabat negara yang suka korupsi tapi sendirinya ketika ditilang karena melanggar peraturan lalu lintas lebih memilih untuk menyogok polisinya daripada disidang.

Coba tolong jelaskan apa namanya kalau bukan banci teriak banci?

Saya rasa untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik, sudah saatnya masyarakatnya menjadi lebih pintar dengan berhenti mengandalkan pemerintah (yang jelas-jelas katanya sudah tidak bisa diandalkan lagi) dan memulai segala sesuatunya dari diri sendiri. Tidak perlu melakukan hal yang besar kok, hal yang kecil juga kalau dilakukan secara massal pasti akan memberikan efek yang besar.

Coba mulai menjadikan Indonesia negara yang lebih baik dengan membuang sampah pada tempatnya, membayar pajak tepat waktu, mematuhi peraturan lalu lintas, bersedia disidang ketika melanggar peraturan, datang tepat waktu ke kantor, atau… (isi sendiri dengan hal kecil yang kamu lakukan atau akan kamu lakukan untuk membuat Indonesia menjadi negara yang lebih baik).

Karena segala sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil, jadi mulai dari sekarang coba pikirkan apa langkah kecilmu untuk membuat Indonesia menjadi negara yang lebih baik?

3 Responses to “Day 14: Langkah Kecil”

  1. FiiYaa August 18, 2010 at 12:55 pm #

    Like This.
    Saya sangat tidak suka mendENgar orang yang bisanya menyalahkan. Kritik kritis siH Ok, tapi pake saran membAngun juga d0ng jangan cuma tereak aja. Lagian, kenapa kita dgn gampangnya menilai orang lain sementara kita sendiri belum tentu sebaik orang yang kita nilai..

  2. hellgalicious August 19, 2010 at 10:17 am #

    tapi untuk yang masalah korupsi itu emang ga bisa ditoleransi lagi
    pejabat-pejabat negara yang seenaknya memakai uang rakyat emang patut dicaci maki!

    *maap emosi

  3. tukangobatbersahaja August 19, 2010 at 10:31 am #

    belajar dari hal kecil dulu yang ada disekitar kita.
    Menyeberang pada tempatnya, menunggu mobil di halte, tidak membeli buku bajakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: