Relatif Cantik

19 Dec

Ini perasaan saya saja atau di luaran sana juga banyak orang yang berpikiran seperti saya ya?

Saya kok merasa kalimat “Cantik itu relatif” cuma berlaku untuk orang-orang tertentu ya? Orang-orang yang nggak cukup oke untuk masuk kategori cantik tapi nggak hancur-hancur amat untuk masuk kategori jelek. Dengan kata lain kalimat tersebut cuma berlaku untuk mereka yang mukanya biasa-biasa aja, standar.

Weits, bentar… jangan dulu timpuk saya pake sendal sebelum kamu dengar penjelasan saya.

Jadi gini lho, beberapa hari yang lalu saya berkenalan dengan seorang pereu yang cantiknya luar biasa dan sekarang pereu ini sudah resmi jadi saingan kerja saya. Namanya Tamara (bukan nama sebenarnya). Kulitnya putih, rambutnya panjang bergelombang, dan mukanya rada indo padahal sama sekali nggak ada darah bule di dirinya. Singkatnya, si Tamara ini memang punya paras yang mirip banget sama Tamara Bleszinsky, cuma yang ini versi mudanya.

Menurut saya, kalimat “cantik itu relatif” jelas nggak berlaku dalam hidup Tamara, karena yah bok, berdasarkan hasil observasi saya, cantiknya si Tamara itu mutlak. Mau tukang becak, tukang somay, tukang ojeg, sampai om-om pengusaha kelas menengah yang kekayaannya nggak akan habis 7 turunan kecuali mereka lagi apes dan nekad mempertaruhkan hartanya di Las Vegas juga pasti bakalan mengakui si Tamara ini cantik. Dari laki brengsek yang matanya jelalatan sampai pereu yang doyan sesama juga pasti bakalan mengakui kalau dia itu cantik. Malah saya yakin kalau kecantikan Tamara ini ditanya sama orang yang matanya katarak juga, mereka bakalan mengakui kalau Tamara itu cantik. Mau nanya ke rumput yang bergoyang juga bahkan jawabannya bakalan sama, Tamara itu cantik.

Jadi cantik itu relatif jelas cuma berlaku untuk perempuan yang dari segi tampang masuk kategori biasa aja. Nggak usah repot-repot nunjuk orang deh, saya sudah menunjuk diri saya masuk dalam kategori biasa aja.

Masih belum cukup bukti juga?

Mari saya kasih studi kasusnya.

Kasus pertama

Saya: “Eh mau gue kenalin nggak sama temen gue, namanya Tamara. Dia lagi cari pacar lho.”

Mr. X: “Tamara cantik nggak, sen?”

Saya: “Cantik dong ah, mana ada temen gue yang nggak cantik?”

Kasus kedua

Saya: “Eh temen gue, Eneng, lagi cari pacar nih. Lo mau dikenalin nggak?”

Mr. X: “Eneng? Cantik?”

Saya: “Cantik itu kan relatif , jadi ntar lo coba aja nilai sendiri si Eneng itu cantik atau nggak.”

Got the point?

See! Cantik itu sifatnya mutlak karena ketika saya mengatakan cantik itu relatif, maka fakta yang sedang terjadi adalah saya sedang menilai kecantikan seseorang yang berwajah biasa saja, karena fakta yang sebenarnya terjadi adalah, ketika saya yakin akan kecantikan seseorang, saya akan benar-benar mengatakan bahwa dia cantik tanpa ada embel-embel relatif di belakangnya.

Jadi udah deh, please stop mengatakan bahwa cantik itu relatif di depan saya, karena kalimat itu mulai terdengar hipokrit di telinga saya.

Dan ini catatan untuk kalian yang merasa cantik mutlak: tolong perbaiki kualitas dulu karena ketika seseorang berpikir kalau kamu cantik, orang tersebut akan menaruh ekspektasi yang sangat tinggi pada kamu.

Dan untuk kalian yang merasa dirinya cantik relatif: tenang ajaaa…, pada akhirnya hal yang membuat orang lain nyaman adalah isi kepala kamu, bukan apa yang terlihat di luar.

P.S. posting ini dibuat dalam perasaan nggak karuan dan penuh protes tanpa ada niatan menyerang pihak mana pun. Terima kasih

48 Responses to “Relatif Cantik”

  1. okke December 19, 2009 at 11:14 am #

    quote:
    Dan ini catatan untuk kalian yang merasa cantik mutlak: tolong perbaiki kualitas dulu karena ketika seseorang berpikir kalau kamu cantik, orang tersebut akan menaruh ekspektasi yang sangat tinggi pada kamu.

    Er, bukannya ketika lo cantik mutlak, semua termaafkan? =))

    • senny December 19, 2009 at 11:28 am #

      termaafkan itu kan untuk yang doyan, lah kalo yang ga doyan apalagi sirik malah jd senjata ntarnya

  2. pushandaka December 19, 2009 at 11:23 am #

    Kalau buat saya pribadi, cantik itu memang relatif, karena setiap orang punya kriteria yang berbeda untuk menilai apakah seseorang cantik atau ndak. Menurut kamu, Tamara dalam tulisan ini mungkin cantik. Tapi, dalam bayangan saya, dia ndak cantik (kalau nafsuin mungkin iya! hehe, becanda). Cantik kan ndak mesti berkulit putih, bermuka indo, dsb. Jadi ya, buat saya cantik itu memang relatif.

    Dan menurut saya, mereka yang masih berprinsip cantik itu relatif ndak lagi berada di jalan yang salah kok. Semua punya pendapat masing-masing. Ndak ada yang salah dan benar. Cuma berbeda saja.๐Ÿ™‚

    • senny December 19, 2009 at 11:25 am #

      hehe… itu catatan maksudnya untuk menghibur mereka yang merasa dari segi tampang kurang beruntung, tapi gara2 emosi jadi aja ada yang ketinggalan

  3. thepenks December 19, 2009 at 11:25 am #

    masalah ini seperti yang dilontarkan cewek q tiap kali telp… mas, aku cantik ga? jawabku, cantik, tapi biasa… hahahahaha… dia langsung pusing 7 keliling…

    • senny December 19, 2009 at 11:30 am #

      eh kalo ada orang yang nanya gt ke gue, gue sih bakal jawab: “maunya cantik apa ngga?”

  4. alfarolamablawa December 19, 2009 at 11:46 am #

    waduh…gimana harus berkomentar yah…
    susah soalnya selama ini kan banyak pandangan mengenai cantik..
    but its a great posting..
    salam kenal..
    nice to read..

    • senny December 19, 2009 at 8:21 pm #

      salam kenal juga
      thx for reading

  5. kutaraja December 19, 2009 at 4:36 pm #

    yap, saya suka paragraf terakhir postingan ini..๐Ÿ™‚

    • senny December 19, 2009 at 8:22 pm #

      saya suka semua bagian dari tulisan ini
      *narsis

  6. Agung aritanto December 19, 2009 at 4:48 pm #

    Cantik itu emang relatif,menurut kita cantik ato ganteng tapi menurut orang lain belum tentu jadi menurut sudut pandang masing-masing dari mana menilai kecantikan.

    • senny December 19, 2009 at 8:23 pm #

      ah menurut saya, cantik itu mutlak
      yang biasa aja itu baru relatif

  7. Rizal December 19, 2009 at 5:41 pm #

    ๐Ÿ˜€ benar sekali itu . biasany akata relatif untuk mewakilkan kata yang lebih sopan daripada mengatakan “biasa saja” “jelek” ..

    menulis disaat perasaan nggak karuan aja menarik, apalagi kalau disaat perasaan nya senang dan tenang yaa .. ? Luar Biasaaa …

    • senny December 19, 2009 at 8:14 pm #

      ok, i’ll take that as compliment
      padahal waktu nulis ini emosi lagi meledak-ledak kayak nuklir

  8. komuter December 19, 2009 at 5:46 pm #

    senny relatif koq… tenang aja…. eh maksudnya cantik……… he..he..he.. salah ketik,

    • senny December 19, 2009 at 8:15 pm #

      tenang aja, gue udh cukup sadr untuk menunjuk diri gue sendiri sebagai perempuan yang cantik relatif

  9. alfarolamablawa December 19, 2009 at 9:19 pm #

    senny….hehehe kamu lucu deh

    • senny December 20, 2009 at 6:28 pm #

      ok, i’ll take that as compliment

  10. Miranda Modjo December 19, 2009 at 10:56 pm #

    cantik???gua cantik sen…kata emak gua…
    cantik mutlak itu cuman dari sudut pandang emak ama bapak masing2…heheheheh๐Ÿ™‚

    salam kenal

    • senny December 20, 2009 at 6:29 pm #

      haha… bener juga

  11. hanif December 20, 2009 at 12:21 pm #

    cantik relatif? bener sih, soalnya semuanya dinilai, dari luar (fisik) dari dalam (hati,sikap,visi kedepan) hehe…

    • senny December 20, 2009 at 6:30 pm #

      nah itu dia, sekarang ini kan udh ga musim don’t judge a book by its cover, we do judge a book by its cover

  12. megaloman87 December 20, 2009 at 2:11 pm #

    kwkwkkw cantik cantik cantik

  13. Triunt December 20, 2009 at 5:29 pm #

    Wah, gw juga nggak ngomong cantik itu relatif.
    kalo nggak cantik, yah dibilangin aja, tapi ditambah embel2, tapi dia baik loh, dulu waktu …. dia ngebantu … loh kek gitu.

    lebih fair mungkin, ketimbang nggak cantik dibilang cantik relatif, ni mah namanya ragu๐Ÿ˜ฆ

    • senny December 20, 2009 at 6:30 pm #

      iya sih, cuma kalo gue ga tega aja untuk menilai seseorang ga cantik karena… gue perempuan

  14. alfarolamablawa December 20, 2009 at 6:58 pm #

    selamat sore
    masih berdebat juga yah? hehehe

  15. javanese December 21, 2009 at 7:51 am #

    pokoknya, begitu perempuan harus dibilang cantik………
    sedikit atau banyak terserah……

  16. Qie December 21, 2009 at 12:58 pm #

    iye bener tjantiq itu relatif.. tapi bagi sayah cantik itu bukan hanya di wajah duank, tapi seluruh aspek yg ada di wanita nya itu sendiri๐Ÿ˜€

  17. Sinta December 21, 2009 at 1:40 pm #

    Klo kata temen gw yang cowok, cantik itu relatif, tapi kalo gebetannya, cantik ABSOLUT.

    dan jelek itu mutlak.๐Ÿ˜€

    • iderizal December 26, 2009 at 12:22 pm #

      setuju….
      tapi kasian banget ya sama yang jelek..
      tapi memang kenyataannya cewek gw cantik kok..

  18. achoey December 23, 2009 at 7:16 am #

    tapi cantik juga ada yg mutlak lho hehehe

    • senny December 23, 2009 at 9:44 am #

      lho emang yang saya bahas itu kok?
      ga baca postingannya ya?

  19. indra1082 December 23, 2009 at 8:20 am #

    SELAMAT HARI IBU
    JUST 4 MOM

  20. dkazuma December 23, 2009 at 11:50 am #

    gw ga percaya, sebelum lo ngenalin gw ke Tamara. Skalian nocan-nya juga

  21. bri December 23, 2009 at 4:42 pm #

    kadang kadang penampilan jd yg pertama kali dinilai?
    inner beauty = cantik alami
    salam sore^^…met hari ibuu

  22. Cloud December 24, 2009 at 2:13 am #

    hahaha… kadangan bener juga sih..๐Ÿ˜€

    hmm.. screen shoot tamara mana??๐Ÿ˜› jadi penasaran.. hahaha…

  23. dhodie December 24, 2009 at 11:19 am #

    hehehe.. cantik kalo nggak berisi juga lama-lama mboseni.

    Kalo saia mau sama yg mirip Tamara berotak Dewi Lestari (baidewei, Dee itu pinter kan yah?)

  24. tyan December 24, 2009 at 3:33 pm #

    jangan cuma cantik parasnya tapi cantik hatinya juga….,

  25. zulhaq December 24, 2009 at 4:19 pm #

    btw, ada temen lw yang cantik gak buat gw?? ha ha ha

    • hellgalicious December 25, 2009 at 7:41 pm #

      cari jodoh ni! hahahaha

  26. iderizal December 26, 2009 at 12:19 pm #

    “cantik itu mutlak tapi lucu itu relatif…”
    gmana setuju..?
    lucu menurut gw sih yang nyaman kalau dipandang sama enak kalau kita deket-deket ma dia. masalahnya gw punya temen bule yang kata orang cantiknya gak ketulungan, dia suka curhat ma gw tapi kalo dihadapan gw dia biasa aja kok. ๐Ÿ˜€ gw matanya katarak kale ya…

  27. kips December 26, 2009 at 12:32 pm #

    Sip deh buat yg cantik2, seneng pokoknya lihat yang cantik2 terlebih dilengkapi dengen tutur bahasa dan prilakunya yg cantik, tambah greget deh hehe…

  28. nd December 27, 2009 at 5:13 pm #

    Karena ane masuk golongan biasa, jd lebih suka dibilang menarik, mo menarik beca ke, sebodo, yg penting menarik๐Ÿ™‚ hehehe

    Anw, love your post! Like this

  29. Belajar Blog December 28, 2009 at 11:22 am #

    kalo saya lihat dari studi kasus diatas, hanya karena perbedaan nama deh ^^
    Hmm…ga tau yah
    tapi saya bih tertarik ama cewe imut, lucu daripada kata “cantik”

  30. yos December 29, 2009 at 10:37 pm #

    bener juga sen..
    klo cantik ituh relatif berarti bisa diukur pake rumus E=mc2 dunk, hihihihihih….
    ————-
    klo dari gue sih..
    klo cari pasangan pertama kudu cantik..
    kedua agamanya baik…
    ketiga… ‘masih mikir”๐Ÿ˜€

  31. roy January 2, 2010 at 9:28 am #

    hati melihat kecantikan dari akhlak
    intelektual melihat kecantikan dari kecerdasan
    dan nafsu…melihat kecantikan dari fisik…
    ^_^

  32. Sumber Inspirasi January 2, 2010 at 3:15 pm #

    Wahh..betul juga analisanya yahh..hehhe…
    kalau kita yakin orang itu cantik,,ya kita katakan cantik..
    tapi kalau standar gitu ya ” cantik itu kan relatif..” hehhee..

    tapi saya suka sekali, di akhir artikel, ” pada akhirnya isi kepala yang membuat nyaman. bukan penampilan di luar” setujuuu bangett dahh….

    Salam Kenal, Salam hangat,,

  33. didot January 14, 2010 at 12:07 pm #

    Cantik itu relatif kok,karena ‘beauty is in the eye of the beholder’ ,nah kalo jelek itu baru mutlak:D

Leave a Reply

